Jenis Jenis Jaringan


Secara umum jaringan computer terdiri atas lima jenis : 

1. Local Area Network (LAN)




Local Area Network (LAN),  merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran samapai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan computer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Are Network (MAN)



Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasana menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.

3. Wide Are Network (WAN)


Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemakai.

4. Internet

Internet, sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan erangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bias berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatible dan berbea. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang desebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kupulan jaringan yang terkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Wireless

Wireless (Jaringan tanpa kabel), jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa digunakan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatanakses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

0 komentar:

Posting Komentar